Customer Relation Management
adalah salah satu aplikasi dari ilmu MIS. Dalam sebuah industri yang
perkembangannya pesat. Costumer adalah mata rantai yang tak terpisahkan
dari struktur industri. Mengapa? Karena kostumer lah yang menjadi
pembeli dari produk atau jasa yang dihasilkan oleh perusahaan kita.
Sebuah perusahaan tak akan pernah bisa berjalan dengan baik apabila tak
ada yang membeli produk atau jasanya. Dunia bisnis sekarang ini telah
menjadi semakin sulit dan semakin crowded. Banyak sekali competitor yang
selalu bermunculan dengan ide-ide baru dan inovasi tercanggih setiap
saatnya. Akibatnya kostumer tentu akan memiliki banyak sekali pilihan,
jika ia tak puas dengan layanan sebuah perusahaan ia akan dengan mudah
berpindah ke produsen yang lain. Bagaimana caranya agar kostumer
tersebut tidak melakukan hal itu dan selalu loyal terhadap produk
perusahaan kita? CRM lah salah satu jawabannya.
Apa Itu CRM?
CRM
adalah sebuah strategi bisnis yang berbasis kostumer, seperti strategi
bisnis lainnya tujuan akhir dari CRM adalah untuk memaksimalkan
keuntungan dan pendapatan. Sedangkan tujuan utama dari CRM adalah
meningkatkan kepuasan pelanggan. Beberapa teknologi yang
melatarbelakangi CRM diantaranya adalah mendapatkan, menyimpan, analisis
terhadap kostumer, vendor, partner, dan proses informasi internal.
Sedangkan
fungsi-fungsi lain yang mendukung CRM adalah sales, marketing,
training, pengembangan professional, manajemen performa, human resource development,
dan kompensasi. Keseluruhan teknologi dan fungsi-fungsi yang melingkupi
CRM haruslah terintegrasi sebagai bagian tak terpisahkan strategi
bisnis yang fokus pada kostumer. Karena banyak dari perusahaan yang
mengimplementasikan CRM namun sayangnya hanya terbatas pada instalasi
software CRM saja, tanpa adanya will untuk meletakkan kostumer diatas
segalanya.
Teknologi pendukung CRM
Costumer Database
Sebuah
sistem tak akan pernah berjalan dengan baik tanpa adanya database.
Begitu pula dengan CRM ini. Yang menjadi tulang punggung dari sistem ini
tak lain dan tak bukan adalah database dari kostumer. Informasi yang
diperoleh dari konsumen baik berupa interaksi dengan perusahaan dan
prospek kedepannya akan sangat berharga, termasuk juga informasi yang
diperoleh dari order kostumer, informasi tentang support yang diberikan,
request kostumer, complain, interview dan survey yang telah diberikan.
Bagi sistem CRM kesemua hal itu adalah input yang sangat berharga bagi
perusahaan.
Costumer Intelligence
Costumer
intelligence adalah sebuah upaya untuk mengkotak-kotakkan kostumer
sesuai dengan needs dan kebutuhannya masing-masing. Tentu saja hal ini
bisa dilakukan dengan bantuan software atau manual manusia. Setelah ia
dikotak-kotakkan kita akan dengan mudah memasukkan kostumer itu kedalam
permainan strategi bisnis perusahaan. Contohnya adalah pembagian
kostumer potensial, kostumer biasa, dan kostumer tak potensial. Ini akan
memudahkan kita untuk mengetahui apakah kostumer itu cukup puas atau
tidak.
Costumer Capacity and Competency Development
Tujuan utama dari teknologi pendukung ini adalah continous improvement
yang memungkinkan perusahaan berada sedikit lebih dekat dengan apa yang
dimaui oleh kostumer. Sistem yang kompleks memang dibutuhkan untuk
mencapai hal ini, tapi bukan hanya itu saja, praktek langsung jauh lebih
powerful untuk mencapai level kepuasan pelanggan yang diinginkan,
kombinasi sempurna dari manusia dan teknologi akan menghasilkansalah
satu core competencies yang memungkinkan perusahaan terus berada di
depan dalam kompetisi CRM. Kesuksesan dalam memilih tools, teknologi,
dan praktek langsung akan kemudian ditiru oleh perusahaan yang lain
ketika kombinasi itu terbukti sukses. Hal ini akan menyebabkan
perusahaan kita menjadi market leader dalam CRM. Tentu saja market
leader tak kan dapat dipertahankan lama bila tak ada perubahan dinamis
didalam perusahaan yang disesuaikan dengan pergerakan keinginan
kostumer.
Operasional CRM
Karena
kekuatan utama dari CRM adalah database dari kostumer, maka yang paling
bertanggung jawab dalam penyediaan data ini tak lain adalah front
office, yaitu tak lain adalah sales, marketing, dan juga tak ketinggalan
service. Setiap interkasi dengan kostumer akan dicatat dan masuk dalam
sistem kontak history kostumer. Jika memang dibutuhkan data ini akan
bisa diolah kembali untuk kepentingan perusahaan. Salah satu kelebihan
yang diperoleh dari kontak history kostumer adalah kostumer dapat
berinteraksi dengan berbagai macam contact channel di dalam perusahaan
dari waktu ke waktu tanpa harus menjelaskan pada para officer komplain
apa saja yang telah mereka hadapi terdahulu.
Kegunaan CRM
Database kostumer didalam CRM dapat digunakan untuk berbagai macam kegunaan, diantaranya adalah :
· Mendesain dan melaksanakan marketing campaign untuk mengoptimalkan eketifitas marketing
· Mendesain dan melaksanakan costumer campaign yang spesifik seperti cross selling, up-selling, dan retensi.
· Menilai respon kostumer terhadap produk dan level service, misalnya seperti kenaikan harga, new product development, dan lainnya
· Mengambil keputusan manajemen seperti forecasting financial dan costumer profitability analysis
· Prediksi terhadap level defect yang tak diinginkan kostumer (churn analysis)
Yang perlu diperhatikan dalam CRM
CRM
adalah sebuah sistem yang berbasis akan database kostumer, informasi
dari kostumer akan dengan segera diekstrak demi kepentingan perusahaan.
Dalam proses pengumpulan data sebagai bagian dari solusi CRM, sebuah
perusahaan harus mengingat bahwa privasi costumer dan kemanan data harus
menjadi prioritas utama. Beberapa penerap CRM yang baik malah tidak
memperbolehkan data kostumernya di-share atau diakses oleh pihak ketiga.
Dalam hal ini mereka telah melakukan hal yang benar. Yaitu perlindungan
terhadap data dan privasi kostumer.
sumber :
http://yulia64.tripod.com/CRM.htm
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEj22xD3OS5-a-8ggLodIB_lLVdj0WUy7deR5Y4CPY6NVRVm1sVpjS_4yvpFIp_OE1JyUz9_xU5rYgM_2P09h4E2py3oyLeGkLGVV3ocC1IZ1lp5-0n6755tFuexIwLYV-9ktBZOn9zFNVk/s1600/New+folder+%284%29.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEj22xD3OS5-a-8ggLodIB_lLVdj0WUy7deR5Y4CPY6NVRVm1sVpjS_4yvpFIp_OE1JyUz9_xU5rYgM_2P09h4E2py3oyLeGkLGVV3ocC1IZ1lp5-0n6755tFuexIwLYV-9ktBZOn9zFNVk/s1600/New+folder+%284%29.jpg
0 komentar:
Posting Komentar
please your comment n thanks ^.^