Selasa, 08 November 2011

ORGANISASI PERUSAHAAN ( PT. Telkom Indonesia)


A. LATAR BELAKANG

Didalam kehidupan dijaman sekarang organisasi justru sangat dibutuhkan agar lebih terarah lagi dalam mencapai suatu tujuan untuk kepentingan bersama. Sebelum membahas permasalahannya mari kita sama – sama cari tahu apa itu organisasi ? . Organisasi adalah suatu kelompok orang dalam suatu wadah untuk tujuan bersama. Dalam ilmu sosial, organisasi dipelajari oleh berbagai bidang ilmu terutama sosiologi, ekonomi, ilmu politik, psikologi dan manajemen. Organisasi pada dasarnya digunakan sebagai tempat atau wadah untuk berkumpul, bekerjasama secara rasional dan sistematis, terencana,terorganisasi, terpimpin dan terkendali dalam memanfaatkan sumber daya, sarana dan prasarana,data, dll yang digunakan secara efisien dan efektif untuk pencapaian tujuan organisasi. Didalam organisasi juga harus ada pengaturan diberbagai kegiatan sehingga membentuk kesatuan yang terpadu untuk mencapai tujuan. Organisasi ada berbagai macam bentuk misalnya saja organisasi politik, organisasi perusahaan ataupun organisasi sosial.

Organisasi Perusahaan adalah suatu organisasi yang mempunyai tujuan mencari profit. Organisasi perusahaan dapat dibagi menjadi tiga bentuk yaitu perusahaan perseorangan, perusahaan firma dan perseroan terbatas. Disetiap perusahaan memiliki ciri khas atau tipe nya masing – masing. Kesuksesan sebuah perusahaan tergantung kepada leader / pemimpin perusahaan itu cara kepemimpinannya serta charisma yang dimiliki. dan juga kerja sama yang ada diperusahaan tersebut. Pemimpin harus sering berkomunikasi serta menyatukan visi dan misi kepada karyawannya atau staffnya agar tidak terjadi miss communication yang berdampak buruk untuk perusahaan tersebut. Seorang pemimpin yang baik juga sebaiknya mampu menampung berbagai bentuk saran dan kritik yang diungkapkan bawahan supaya perusahaan tersebut menjadi lebih baik.

Setiap organisasi memiliki karakteristik, keuntungan, dan kerugiannya masing-masing. Misalnya kita akan membuat suatu bisnis, pasti kita akan memikirkan bagaimana unit usaha itu dapat berkembang dan menghasilkan keuntungan yang besar dan meminimalisir kerugiannya. Selain itu dalam unit usaha atau organisasi  kita juga harus membuat suatu struktur organisasi yang tepat sesuai dengan kondisi yang ada agar pencapaian tujuan usaha yang kita buat akan lebih terarah. Dengan struktur organisasi yang jelas yang baik maka akan diketahui sampai mana wewenang dan tanggungjawab yang dimiliki oleh seseorang dalam menjalankan tugasnya.

Pada kesempatan ini saya akan membahas tentang organisasi perusahaan yaitu PT.Telkom Indonesia. Saya akan merincikan satu – satu mulai dari bagaimana perusahaan itu terbentuk sampai dengan bagaimana cara kerja yang ada diperusahaan itu sehingga menjadi perusahaan yang besar dan juga berkembang pesat serta permasalahan yang terjadi didalam perusahaan juga cara penyelesaiannya karena setiap perusahaan pastinya memilik cara yang berbeda – beda dari masalah maupun penyelesaian masalah itu sendiri.

Sebelumnya saya akan membahas sedikit tentang PT.Telom itu sendiri. PT.Telkom Indonesia adalah perusahaan yang bergerak dibidang komunikasi. Perusahaan tersebut didirikan guna pengantisipasian perkembangan teknologi yang begitu pesat. PT.Telkom termasuk kedalam organisasi perusahaan unit besar dan termasuk jenis perusahaan perusahaan Perseroan Terbatas yang memiliki jumlah karyawan yang begitu banyak yang tersebar ke seluruh Indonesia. Oleh karena itu butuh komunikasi serta kerja sama ekstra dalam mengelola perusahaan ini. Dan para staffnya pun bekerja menurut keahliannya masing – masing supaya terstruktur. Serta harus memiliki solidaritas dan displin kerja yang tinggi.

B. PERMASALAHAN

Seperti yang sudah  saya katakana sebelumnya. Dikarenakan PT.Telkom Indonesia adalah perusahaan yang besar sehingga kemungkinan besar banyak kerugian yang timbul serta sering terjadinya miss communication. Maka yang menjadi masalahnya  adalah bagaimana cara PT.Telkom dalam meraup keuntungan dengan menggerakkan karyawan yang begitu banyak sehingga dapat meminimalisasikan kerugian yang ada serta membuat suatu teknologi yang bagus mengikuti perkembangan teknologi yang begitu pesat di jaman era globalisasi ini. Serta pengantisipasin teknologinya.





C.  LANDASAN TEORI

Organisasi adalah suatu wadah yang dibentuk untuk mencapai tujuan bersama. Sedangkan pengorganisasian adalah pengkoordinasian kegiatan – kegiatan yang akan dilakukan suatu institusi atau perusahaan guna mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Pengorganisasian mencakup beberapa unsure pokok, antara lain :

1.       Hal yang diorganisasikan ada dua macam yaitu :

a.       Pengorganisasian kegiatan ialah pengaturan berbagai jenis kegiatan yang ada didalam rencana sehingga membentuk satu kesatuan yang terpadu untuk mencapai tujuan.
b.       Pengorganisasian tenaga pelaksana ialah mencakup pengaturan hak dan wewenang setiap tenaga pelaksana sehingga setiap kegiatan mempunyai penanggung jawabnya.

2.       Proses pengorganisasian ialah langkah – langkah yang harus dilakukan sedemikian rupa sehingga semua kegiatan dan tenaga pelaksana dapat berjalan sebaik – baiknya.
3.       Hasil pengorganisasian adalah terbentuknya wadah atau sering disebut struktur organisasi yang merupakan perpaduan antara kegiatan dan tenaga pelaksana.

Dilihat dari segi pembagian dan pelaksanaan tugas, fungsi dan wewenang maka organisasi secara umum dibedakan atas 4 bentuk yakni : organisasi lini, organisasi staff dan lini, organisasi staff dan organisasi fungsional. Biasanya perusahaan besar seperti PT.Telkom Indonesia memiliki 4 bentuk organisasi tersebut.

Organisasi lini
Pada organisasi ini peran  pimpinan sangat dominan dimana semua kekuasaan ditangan pimpinan. Oleh sebab itu dalam kegiatan pelaksanaan yang utama adlah dalam wewenang dan perintah. Kelemahan jenis organisasi semacam ini kurang manusiawi, lebih – lebhi para pelaksana tugas bawahan hanya dipandang sebagai robot yang senantiasa siap melaksanakan perintah.

Organisasi staff
Dalam organisasi ini muncul karena makin kompleksnya masalah – masalah organisasi sehingga pimpinan sudah tidak dapat lagi menyelesaikan semua masalah yang ada dan memerlukan bantuan orang lain
(biasanya para ahli ) yang dapat memberikan masukan berupa pemikiran terhadap masalah – maslah yang dihadapi.

Organisasi Lini dan Staff
Dalam organisasi ini staff bukan sekedar pelaksana tugas tetapi juga diberikan wewenang untuk memberikan masukan demi tercapainya tujuan secara baik.

Organisasi Fungsional
Bentuk organisasi yang dimana atasan memberikan tugas atau kewenangan kepada bawahannya sesuai dengan yang diinginkan atasannya.

PT.Telkom Indonesia juga termasuk kedalam perusahaan perseroan terbatas. Yakni suatu persekutuan untuk menjalankan usaha yang memiliki modal terdiri dari saham – saham yang pemiliknya memiliki bagian sebanyak saham yang dimiliki.karena modalnya terdiri dari saham – saham yang dapat diperjualbelikan perubahan kepemilikan perusahaan dapat dilakukan tanpa perlu membubarkan perusahaan.
Perseroan terbatas merupakan badan usaha dan besarnya modal perseroan tercantum dalam anggaran dasar. Kekayaan perusahaan terpisah dari kekayaan pribadi pemilik perusahaan sehingga memiliki harta kekayaan sendiri.
Keuntungan membentuk Perusahaan Perseroan Terbatas adalah :
1.       Kewajiban terbatas.
2.       Masa hidup abadi.
3.       Efisiensi manajemen.
Kelemahan Perusahaan Perseroan Terbatas adalah:
1.       Kerumitan perizinan dan organisasi.




D. PEMBAHASAN MASALAH.

Perkembangan dalam dunia usaha memaksa perusahaan-perusahaan untuk mengerahkan kemampuannya dalam memasarkan produk maupun jasanya. Dengan banyaknya barang dan jasa yang berada di pasar mengakibatkan persaingan yang ketat diantara perusahaan. Setiap perusahaan dituntut harus dapat memiliki competitive advantage ( keunggulan kompetitif ) yaitu keunggulan yang dimiliki suatu perusahaan dibandingkan dengan pesaing yang bersumber dari dua hal pokok, yaitu diferensiasi dan kepemimpinan biaya.
Untuk dapat bersaing perlu pemasaran yang baik. Pemasaran adalah proses perencanaan dan pelaksanaan pemikiran, penetapan harga, promosi, serta penyaluran gagasan, barang, dan jasa untuk menciptakan pertukaran yang memenuhi sasaran-sasaran individu dan organisasi. Para pemasar menggunakan sejumlah alat untuk mendapatkan tanggapan yang diinginkan dari pasar sasaran mereka. Alat-alat itu membentuk suatu “bauran pemasaran (marketing mix )” atau “4P”, yaitu : Product (produk),
Produk merupakan variabel pemasaran yang paling mendasar dari bauran pemasaran karena produk merupakan penawaran nyata oleh perusahaan pada pasar. Keputusan-keputusan yang berkaitan dengan variabel produk dapat dijadikan instrumen oleh perusahaan dalam kegiatan pemasaran produknya untuk mengkomunikasikan variabel produk yang sesuai di mata konsumen, sehingga akan menimbulkan persepsi tertentu pada konsumen yang mengkonsumsi produk tersebut, yang diinginkan oleh produsen dan sesuai dengan yang diharapkan konsumen. Salah satu keputusan variabel produk yang penting adalah keputusan mengenai atribut produk, yaitu kualitas produk (product quality), fitur produk (product features), dan desain (design).
Dalam melaksanakan suatu proses pengambilan keputusan pembelian, biasanya konsumen akan melalui beberapa tahapan, yaitu : tahap pengenalan, kebutuhan, pencarian informasi, evaluasi alternatif, keputusan pembelian dan perilaku setelah pembelian. Rincian proses pengambilan keputusan pembelian dalam lima proses, yaitu :
1. Pengenalan Masalah
Proses membeli dimulai dengan pengenalan masalah atau kebutuhan. Konsumen menyadari suatu perbedaan antara keadaan sebenarnya dan keadaan yang diinginkannya. Kebutuhan itu dapat di gerakkan oleh rangsangan dari dalam maupun luar dirinya.
Para penjual atau pemasar perlu mengenal faktor-faktor yang dapat mengerakkan kebutuhan atau minat konsumen. Para pemasar perlu meneliti konsumen untuk memperoleh jawaban apakah kebutuhan yang dirasakan atau masalah yang timbul, apa yang menyebabkan semua itu muncul dan bagaimana kebutuhan atau masalah itu menyebabkan seseorang mencari produk tertentu.
2. Pencarian
Setelah mengenal kebutuhan yang dihadapinya, konsumen akan mencari informasi lebih lanjut atau mungkin tidak. Jika dorongan konsumen adalah kuat dan objek yang dapat memuaskan kebutuhan itu tersedia, konsumen akan menjadi objek itu. Jika tidak, kebutuhan itu akan mengendap dalam ingatannya. Konsumen mungkin tidak berusaha memperoleh informasi lebih lanjut atau sangat aktif mencari informasi sehubungan dengan kebutuhan itu.
4. Evaluasi Alternatif
Setelah melalui tahap pencarian informasi, konsumen akan menghadapi sejumlah merek yang dapat dipilih. Pemilihan alternatif ini mulai dari suatu proses evaluasi alternatif tertentu. Sejumlah konsep tertentu akan membantu memahami proses ini yaitu :
• Konsumen akan berusaha untuk memuaskan kebutuhan mereka.
• Konsumen akan mencari manfaat dari suatu produk.
• Konsumen biasanya membangun seperangkat merek sesuai dengan ciri-ciri dan karakteristiknya.
• Konsumen diasumsikan memiliki sejumlah fungsi kegunaan atas setiap ciri. Fungsi kegunaan menggambarkan bagaimana konsumen mengharapkan kepuasan dari suatu produk yang bervariasi pada tingkat yang berbeda untuk masing-masing ciri.
• Terbentuknya sikap konsumen terhadap beberapa pilihan merek melalui prosedur penilaian konsumen ternyata menerapkan prosedur penilaian yang berbeda untuk membuat suatu pilihan diantara sekian banyak ciri-ciri objek.
Banyaknya penipuan sms juga sangat mengancam kemajuan perusahaan. Pada PT.Telkom sendiri, sudah banyak orang – orang yang tidak bertanggung jawab mengatasnamakan perusahaan tersebut melakukan penipuan dari telfon , sms maupun surat yang isinya mendapatkan sejumlah hadiah dari PT. Telkom itu sendiri. Itu adalah sebuah bentuk kebohongan public yang akan membuat image perusahaan menjadi buruk. Sehingga, lambat laun konsumen meninggalkan dan memilih memakai jaringan lain. Seharusnya pihak perusahaan cepat menangani segala masalah yang timbul agar tidak berdampak terlalu dalam kepada perusahaan juga nasib – nasib karyawan yang ada didalamnya.

Seiring dengan mengikuti perkembangan zaman yang ada PT. Telkom juga menciptakan suatu alat telekomunikasi berupa telepon tidak( bergerak kabel ) dan telepon  bergerak (nirkabel). PT.Telkom menciptakan alat ini guna meningkatkan konsumen juga menyesuaikan dengan perkembangan yang ada.
Keuntungan dari mendirikan Perusahaan Terbatas (PT) adalah
1.     Kewajiban terbatas. Tidak seperti partnership, pemegang saham tidak memiliki kewajiban untuk obligasi da hutang perusahaan. Akibat kehilangan potensial yang “terbatas” tidak dapat melebihi dari jumlah yang mereka bayarkan terhadap saham.
2.       Masa hidup abadi. Aset dan struktur perusahaan dapat melewati masa hidup dari pemegang sahamnyam pejabat atau direktur.
3.       Efisiensi manajemen. Manajemen dan spesialisasi memungkinkan pengelolaan modal yang efisien sehingga memungkinkan untuk melakukan eskpansi (perluasan)
4.       Memiliki sumber dana yang lebih besar.
5.       Ukuran yang besar.
6.       Kepemilikan mudah berpindah.
7.       Manajemen Profesional.
8.       Kemudahan untuk menarik karyawan yang berpotensi.

Kekurangan atau kerugian mendirikan Perusahaan Tebatas (PT) adalah
a)       Kerumitan perizinan dan organisasi. Untuk mendirikan sebuah PT tidaklah mudah. Selain harus memiliki dana yang besar, PT juga memerlukan akta notaris dan izin khusus untuk usaha tertentu. Hubungan antar perorangan juga lebih formal dan terkesan kaku.
b)       Biaya pendirian yang mahal.
c)       Kesulitan kontrol.
d)       Pengenaan pajak berganda.

Demi peningkatan keuntungan dan juga meminimaliskan kerugian maka PT.Telkom membuat e-Commerce. Penyedia layanan e-Commerce PT.Telkom di Indonesia baru mencapai 3% meski pengguna Internet diperkirakan telah mencapai sebanyak 31 juta orang dan 159 juta orang lainnya Internet berbasis nirkabel. Dengan masih sedikitnya pemain di e-Commerce maka portal e-Commerce Plasa.Com yang dikelola anak usaha Telkom PT Metranet diharapkan dapat turut menggairahkan e-commerce di Tanah Air.

Manfaat e-commerce bagi masyarakat
  1. Electronic commerce memungkinkan orang untuk bekerja di dalam rumah dan tidak banyak keluar untuk berbelanja, akibatnya ini akan menurunkan arus kepadatan lalu lintas di jalan serta mengurangi polusi udara.
  2. Elctronic commerce memungkinkan sejumlah barang dagangan dijual dengan harga lebih rendah, sehingga orang yang kurang mampu bisa membeli lebih banyak dan meningkatkan taraf hidup mereka.
  3. Electronic commerce memungkinkan orang di negara-negara Dunia ketiga dan wilayah pedesan untuk menikmati aneka produk dan jasa yang akan susah mereka dapatkan tanpa EC. Ini juga termasuk peluang untuk belajar berprofesi serta mendapatkan gelar akademik.
  4. Electronic commerce memfasilitasi layanan publik, seperti perawatan kesehatan, pendidikan, dan pemerataan layanan sosial yang dilaksanakan pemerintah dengan biaya yang lebih rendah, dan / atau dengan kualitas yang lebih baik. Layanan perawatan kesehatan, misalnya, bisa menajangkau pasien di daerah pedesaan.
Cara-cara membangun sebuah organisasi yang baik termasuk organisasi niaga yaitu
 Suatu organisasi harus memiliki nilai, visi dan nilai yang akan dicapai oleh organisasi niaga tersebut.
Juga harus memiliki misi, di mana misi adalah hal-hal yang harus dilakukan untuk mencapai suatu tujuan        atau visi
·         Harus memliki aturan. Aturan adalah batasan-batasan yang harus dimiliki suatu organisasi.
·         Profesionalisme. Profesionalisme adalah bagaimana cara organisasi tersebut bertindak.
·         Intensif. Intensif adalah bonus atau hadiah.
·         Adanya sumber daya.
·         Rencana kerja.



Ciri – ciri Perusahaan yang baik :
1.       Adanya pembagian tugas antara kerja pikir, mental dan fisik.
2.       Dapat dicapai tingkat spesialisasi yang baik.
3.       Solidaritas antara orang – orang yang menjalankan tugas yang sama tinggi.
4.       Moral serta disiplin kerja yang tinggi.
5.       Koordinasi antara orang – orang yang ada dalam satu fungsi mudah dijalankan.
Perusahaan jenis perseroan terbatas memang sering sekali mengalami banyak masalah dan diatas sudah saya jelaskan secara jelas apa – apa saja maslahnya dan juga bagaimana cara penyelsaiannya serta bagaimana penanganannya dalam menghadapi berbagai masalah. Dan menurut saya PT.Telkom indonesia telah melakukan usaha yang terbaik sampai saat ini untuk mengembangkan perusahaannya dengan bekerja sama kepada para pemegang saham juga staf – staf yang terkait didalamnya.
Meskipun sering terjadi kecurangan – kecurangan yang dilakukan oleh orang dalam itu tidak membuat PT. Telkom indonesia menyerah. Mereka selalu membuat perubahan – perubahan supaya kejadian yang berdampak tidak baik untuk perusahaan sedikit demi sedikt. Dari mulai membuat kebijakan untuk para pemegang saham dan kebijakan untuk para karyawan.


E.PENUTUP.
Kesimpulan
Dari makalah diatas kita dapat menyimpulkan bahwa suatu organisasi tidak hanya ada disatu lingkungan tapi diberbagai lingkungan. Dan pada Makalah yang saya buat sangat ditekankan bawah kerja sama di organisasi sangat perlu. Supaya tujuan yang direncanakan dapat dilakukan dengan baik. Kepemimpinan yang baik juga sangat berpengaruh pada suatu organisasi. Dan tidak ada organisasi yang hanya memiliki kelebihan saja . setiap organisasi pasti memiliki kelebihan dan kekurangan masing – masing. Contohnya saja organisasi yang saya bahas diatas. Itu termasuk jenis organisasi besar yang memiliki tanggung jawab yang besar. Direktur sebagai pimpinan tertinggi bekerja sama kepada para pemegang saham perusahaan untuk mengelola perusahaan agar tidak mengalami kerugian.
Saran
Jika kita membangun sebuah organisasi harus memiliki visi misi yang jelas supaya terarah  organisasi yang mau kita buat harus seperti apa , tujuannya untuk apa ? bermanfaat tidak bagi orang banyak ? dsb. Juga cara kepemimpinan pada suatu perusahaan harus lah baik pula karena itu menjadi suatu nilai plus untuk berkembangnya suatu perusahaan. Serta komunikasi dari berbagi divisi dan para karyawan harus saling dijaga agar  tidak terjadi miss commun ication yang berakibat buruk kepada perusahaan dan yang berkecimpung didalamnya. Dan setiap orang yang bekerja diperusahaan atau berkecimpung diorganisasi manapun harus memilik rasa tanggung jawab dan soldarotas yang tinggi.

0 komentar:

Poskan Komentar

please your comment n thanks ^.^

Template by:

Free Blog Templates