Selasa, 29 Maret 2011

MANUSIA DAN KEBUDAYAAN

manusia dan kebudayaan merupakan hal yang memiliki keterikatan satu sama lain. Dimana ada manusia disitulah pasti ada kebudayaan. Dan disetiap orang atau manusia memiliki kebudayaan yang berbeda. Dalam perkembangannya suatu kebudayaan itu tidaklah bersifat statis (tetap) melainkan bersifat dinamis. Hal ini disebabkan karena berbagai kelompok manusia yang memiliki kebutuhan tertentu saling berinteraksi satu kelompok dengan kelompok lainnya, tentunya melalui interaksi manusia itu terjadi perubahan kebudayaan karena dipengaruhi oleh kebudayaan lainnya.Tapi permasalahan terhadap bahasa juga perlu dicermati karena setiap kebudayaan juga memiliki bahasa daerah masing-masing. Dan itu merupakan salah satu ciri khas kebudayaan itu sendiri yang tidak akan bisa dihilangkan. Kita sebagai manusia yang memiliki kebudayaan wajib melestarikan serta menjaga kebudayaan kita masing- masing. Jangan sampai ada pihak-pihak tertentu yang menyalahgunakan kebudayaan untuk kepentingan pribadi ataupun individual.
kebudayaan tidak hanya didapat dari bahasanya saja.Melaikan tradisi disuatu daerah,tarian makanan,serta objek-objek wisata yang terdapat didaerah tersebut,juga pakaiannya.

 
Tiga Wujud Kebudayaan Menurut Dimensi Wujudnya

1.  Kompleks gagasan, konsep, dan pikiran manusia
            Kebudayaan yang muncul dan hidup karena adanya gagasan – gagasan baru, konsep yang matang serta buah dari pikiran yang kreatif. Wujudnya dapat ditemukan dalam sebuah buku – buku, arsip dan sebagainya.

2.  Kompleks aktivitas
            Aktivitas manusia dengan lingkungan sekitar dalam kegiatan sehari hari dari waktu ke waktu memunculkan sesuatu untuk diabadikan, difoto dan juga diobservasi.

3.  Wujud sebagai benda
            Aktivitas manusia sehari – hari umumnya dilakukan dengan menggunakan benda sebagai sarana dan prasarana. Dari situ lahir kebudayaan dalam bentuk fisik yang konkret, bisa bergerak maupun tidak.

1 komentar:

st3telkom mengatakan...

thanks for the information and I liked the look of this website blog ...
greetings

Posting Komentar

please your comment n thanks ^.^

Template by:

Free Blog Templates