Selasa, 29 Maret 2011

MANUSIA DAN KEADILAN

Pengertian Keadilan:
 Keadilan oleh Plato dilihat pada diri manusia schingga yang dikatakan adil adalah orang yang mengendalikan diri, dan pcrasaannya dikendalikan olch akal
 Menurut Socrates, keadilan tercipta bilamana warga negara sudah merasakan bahwa pihak pemerintah sudah melaksanakan tugasnya dengan baik. Mengapa diproycksikan pada pemerintah, schab pemerintah adalah pimpinan pokok yang mencntukan dinamika masyarakat.Sedangkan menurut
 Keadilan menurut Aristoteles adalah kelayakan dalam tindakan manusia. Kelayakan
diartikan sebagai titik tengah diantara ke dua ujung ekstrem yang terlalu banyak dan terlalu sedikit. Kedua ujung ekstrem itu menyangkut dua orang atau benda. Bila kedua orang terschut mempunyai kesarnaan dalam ukuran yang telah ditetapkan, maka masing-masing orang harus memperoleh benda atau hasil yang sama. kalau tidak sama, maka masing-masing orang akan menerima bagian yang tidak sama, sedangkan pelanggaran terhadap proporsi tersebut berarti ketidak adilan.
 Menurut pendapat yang lebih umum dikatakan bahwa keadilan itu adalah pengakuan dan perlakuan yang seimbang antara hak dan kewajiban. Keadilan terletak pada keharmonisan menuntut hak dan menjalankan kewajiban. Atau dengan kata lain, keadilan adalah keadaan bila setiap orang memperoleh apa yang menjadi haknya dan setiap orang memperoleh bagian yang sama dari kekayaan bersama.

Keadilan Sosial
Berbicara tentang keadilan, Anda tentu ingat akan dasar negara kita ialah Pancasila. Sila kelima Pnacasila, berbunyi : "keadilan social bagi selunth rakyat Indonesia."perwujudan keadilan sosial itu diperinci perbuatan dan sikap yang perlu dipupuk, yakni :
• perbuatan luhur yang mencerminkan sikap dan suasana kekeluargaan dan
kegotongroyongan.
• Sikap adil terhadap sesarna, menjaaga keseimbangan antara hak dan kewajiban serta menghonnati hak-hak orang lain.
• sikap suka memberi pertolongan kepada orang yang memerlukan
• sikap suka bekerja keras
• sikap menghargai hasil karya orang lain yang bemianfaat untuk mencapai kemajuan dan kesejahteraan bersama

Keadilan dan ketidak adilan tidak dapat dipisahkan dalarn kehidupan manusia karena dalam ludupnya manusia menghadapi keadilan / ketidakadilan setiap hari. Oleh sebab itu keadilan dan ketidakadilan, menimbulkan daya kreativitas manusia. Banyak hasil seni lahir dari imajinasi ketidakadilan, seperti drama, puisi, novel, musik dan lain-lain.
Berbagai Macam Keadilan:
1. Keadilan legal atau keadilan moral
2. Keadilan distributive
3. Keadilan komutatif : keadlian ini bertujuan untuk memelihara ketertiban masyarakat dan kesejahteraan masyarakat.
4. Kejujuran : Kejujuran atau jujur artinya apa yang dikatakan seseorang sesuai dengan hati nuraninya apa yang dikatakannya sesuai dengan kenyataan yang ada. Sedang kenyataan yang ada itu adalah kenyataan yang benar-benar ada. Jujur juga berarti seseorang bersih hatinya dari perbuatan-perbuatan yang dilarang oleh agama dan hukum
5. Kecurangan : kecurangan atau curang identik dengan ketidakjujuran atau tidak jujur dan sama pula dengan licik
6. Pemulihan Nama Baik : Nama baik merupakan tujuan utama orang hidup. Nama baik adalah nama yang tidak tercela,setiap orang menjaga dengan hati-hati agar nama baiknya tetap baik.
7. Pembalasan : Pembalasa ialah suatu reaksi itu dapat berupa perbuatan yang perbuatan yang serupa. Perbuatan yang seimbang, tingkah laku yang serupa dan ini merupakan pembalasan.

banyak ketidakadilan yang timbul dilingkungan masyarakat dikarenakan masalah ekonomi yang berbeda ditiap masyarakat. Jika masyarakat tidak memiliki sesuatu yang bisa dijadikan untuk jamin keadilan maka keadilan pun tidak akan pernah didapatkan. Jadi bisa disimpulkan bahwa keadilan hanya sesuatu yang hanya bisa diucapkan tapi untuk pembuktiannya sangat sulit dilakukan !!!!

0 komentar:

Posting Komentar

please your comment n thanks ^.^

Template by:

Free Blog Templates