Rabu, 11 Juni 2014

Ulasan Singkat Tentang Web Gis

Apa itu webGIS?
Sebagai Sistem informasi, webGIS berfungsi utama untuk memberi informasi. Informasi Apa? Informasi geografis dan sifat di dalamnya. Lo & Yeung mendefinisikan GIS  sebagai suatu sistem komputer yang memiliki kemampuan untuk mengumpulkan, menyimpan, dan menampilkan data informasi bergeoreferensi. Dengan tambahan web- di depannya, mengindikasikan media yang dipakai untuk menampilkan informasi ini berada pada media online.
Apa keuntungan webGIS?
Keuntungan webGIS banyak banget, satu yang utama adalah interoperability dataspasial sangat efektif. Data dapat dipindahtangankan dengan cepat, semua pengguna dapat memanipulasinya secara realtime with all teams stay on the same page.
Contohnya, Apabila kamu berada di perusahaan eksplorasi migas. Permasalahan perusahaan kamu adalah tersebarnya peta kertas ‘Seismic Line Structure‘  di berbagai departemen dengan dokumentasi yang tersebar cantik di rak lemari data. Dan celakanya, kamu diperintah untuk mencari informasi berapa jumlah well yang beroperasi full 100% dan tolong dibawakan peta struktur subsurface di setiap well nya. Bad enough?
Well, sepertinya di kelas perusahaan migas tidak seburuk itu dalam sistem dokumentasinya, namun itu tetap saja bisa terjadi. Solusi yang paling tepat untuk masalah kamu adalah pembuatan Sistem Informasi Geografis. Dengan masalah kamu di atas, kamu akan menghemat berjuta-juta tenaga untuk simpan dokumen, atur dokumen, tambah data, kurang data, printing data, dan nyampein data ke para bos-bos. Dengan webGIS kamu bisa melakukan itu hanya dengan menulis curhatan masalah kamu di sistem. Dan itu bisa dilakukan siapa saja dan dimana saja. Jadi kalo kamu disuruh cari peta struktur suruh balik aja bos kamu yang cari online, kan uda ada tuh. Hha
Keuntungan lainnya :
  • Aplikasi webGIS masuk dalam segala perspektif usaha; baik engineering, science, dan bisnis
  • Kita termudahkan dalam melihat gambaran besar suatu permasalahan dengan melihat berbagai skala.
  • Semua orang dapat terlibat menggunakan aplikasi ini, baik untuk melihat, menambah, atau mengubah informasi.
sumber :http://titikcerah.wordpress.com/tag/contoh-web-gis/

1 komentar:

Unknown mengatakan...

boleh ditambah lagi artikelnya tentang GIS nya mbak...menambah referensi belajar n tugas saya..tks

kunjungi juga website kampus saya : http://www.atmaluhur.ac.id/ dan
website saya : https://harmoko.mahasiswa.atmaluhur.ac.id/

Posting Komentar

please your comment n thanks ^.^

Template by:

Free Blog Templates