Kamis, 03 April 2014

Macam Etika

Hai.... amel kembali lagi... setelah sekian lama menjomblo... eh... menghilang maksudnya.

Seperti biasa amel mau posting tugas lagi.. hehehe tapi dengan mata kuliah yang berbeda yaitu ETIKA & PROFESIONALISME TSI. Numpang share ya.... cekidott..

Macam-Macam Etika

Ada dua macam etika yang harus kita pahami bersama dalam menentukan baik dan buruknya perilaku manusia. 

Pertama.... ETIKA DESKRIPTIF 
Apa sih "ETIKA DESKRIPTIF ITU ??" Etika deskriptif adalah etika yang berusaha meneropong secara kritis dan rasional sikap dan perilaku manusia dan apa yang dikejar oleh manusia dalam hidup ini sebagai sesuatu yang bernilai. Etika deskriptif juga memberikan fakta sebagai dasar untuk mengambil keputusan tentang perilaku atau sikap yang mau diambil.

Kedua.... ETIKA NORMATIF
Etika Normatif adalah etika yang berusaha menetapkan berbagai sikap dan pola perilaku ideal yang seharusnya dimiliki oleh manusia dalam hidup ini sebagai sesuatu yang bernilai. Etika normatif memberi penilaian sekaligus memberi norma sebagai dasar dan kerangka tindakan yang akan diputuskan.

... ETIKA SECARA UMUM DAPAT DIBAGI DUA YAITU :

  • ETIKA UMUM
Etika Umum yaitu berbicara mengenai kondisi-kondisi dasar bagaiman manusia bertindak secara etis, bagaimana manusia mengambil keputusan etis, teori-teori etika dan prinsip-prinsip moral dasar yang menjadi pegangan bagi manusia dalam bertindak serta tolak ukur dalam menilai baik atau buruknya suatu tindakan. Etika umum dapat dianalogkan dengan ilmu pengetahuan yang membahas mengenai pengertian umum dan teori-teori.
  • ETIKA KHUSUS
Etika Khusus merupakan penerapan prinsip-prinsip moral dasar dalam bidang kehidupan yang khusus. Penerapan ini bisa berwujud dengan bagaimana kita mengambil keputusan dan bertindak dalam bidang kehidupan dan kegiatan khusus yang kita lakukan yang didasari oleh cara, teori dan prinsip-prinsip moral dasar, namun  penerapan itu dapat juga berwujud bagaimana kita menilai perilaku kita dan orang lain dalam bidang kegiatan dan kehidupan khsusus yang dilatarbelakangi oleh kondisi yang memungkinkan manusia bertindak etis.

cara bagaimana manusia mengambil suatu keputusan atau tindakan dan teori serta prinsip moral dasa yang ada dibaliknya.


Etika Khusus dapat dibagi menjadi 2 bagian,
  1. Etika individual, yait menyangkut kewajiban dan sikap manusia terhadap dirinya sendiri.
  2. Etika sosial, yaitu berbicara mengenai kewajiban, sikap dan pola perilaku manusia sebagai anggota umat manusia.

Sekian dulu yaa teman-teman share tentang etikanyaaa... nanti kita sambung lagi ..
sumber : http://kuliah-harian.blogspot.com/p/macam-macam-etika.html

0 komentar:

Posting Komentar

please your comment n thanks ^.^

Template by:

Free Blog Templates