Selasa, 29 Januari 2013

SISTEM INFORMASI AKUNTANSI

a.      Sentraliasasi
            Pengolahan data sentralisasi adalah suatu pengolahan data yang dilakukan oleh suatu bagian yang terpisah dalam struktur organisasi yaitu bagian pengolahan data elektronik dan dibawah kendali pimpinan pusat. Atau dapat juga dilakukan oleh
a.      Suatu biro jasa diluar organisasi yang merupakan suatu  perusahaan terpisah diluar organisasi yang memberikan pelayanan untuk mengolah data.
b.      Fasilitas pembangunan waktu bersama yang diberi atau disewa bersama.
c.       Suatu susunan manajemen pasilitas dimana suatu perusaaan mengambil alih pelaksanan operasi pengolahan data dalam organisasi tersebut.
Bentuk pengolahan data sentralisasi dalam sturktur organisasi mempunyai keuntungan dan factor pendukung.
1.       Penghematan khusus dalam pengadaan personalia.
Dalam system sentaralisasi dalam pengadaan personalia untuk pengolahan data difokuskan pada bagian pengolahan data elektronik.masing-masing unit cukup dilengkapi dengan sebuah terminal yang digunakan untuk mengakses data. Dari server pusat.
2.         Penghematan karena meniadakan pengembangan system yang ganda.
Dalam system sentaralisasi pengembanan system dapat dilakukan sekaligus oleh pengolahan data  elektronik. Oleh karenanya pengadaan system yang ganda dapat dihindari.
3.       Manfaat karena standarisasi.
Pengembangan system dalam sentralisasi dilakukan oleh satu pihak saja, yaitu bagian pengolahan data sentralisasi, hal ini akan memberikan keuntungan karena gaya desain system pengolahannya cenderung standar,
4.        Manfaat karna system yang seragam.
Adanya keuntungan yang standar akan memberikan keuntungan berupa keseragaman desain system.

Kekurangan dalam pengolahan data sentralisasi
1.      Pengolahan data dilakukan oleh satu orang yang memungkinkan tingkat keefektifannya diragukan.
2.      Data-data yang ada dari bebagai unit itu dikelolah oleh orang  pusat, yang mereka tidak mengataui sikon tempat tersebut
3.      Kecepatan dalam hasil pengolahan data mungkin terkendala
4.       Dalam system ini kemungkinan gaya dari pengolahan data cenderung standar,sehingga sulit untk kreatif


a.      Desentralisasi
Pengolahan data desentralisasi adalah pengolahan data dilakukan oleh bidang –bidang organisasi yang bersifat fungsional otonomi. Fungsi organisasi yang bersifat fungsional otonomi adalah akutansi, keuwangan, personalia, rised dan pengembangan.
Keuntungan dan factor-faktor yang mendukung desetralisasi pengolahan data dalam struktur organisasi adalah.
1)      Pelayanan yang semakin baik, karena kepekaan terhadap kondisi lokasi.
Orang yang terlibat dalam pengolahan data betuk disentralisasi adalah mereka yang paham dalam bidangnya.hal ini akan mampu meningkatkatkan pelayana  semakin baik, karena permasalahan yang dihadapi adalah permasalahan sehari-hari.
2)       Kebijakan desentralisasi dalam manajemen
Manajemen pada tingkat tinggi akan lebih cenderung memberi tugas dan wewenang serta tanggung jawab kapada bawahannya.termasuk didalamnya pengolahan data.
3)      Kelangkaan yang sama di antara fungsi dan unit-unit organisasi yang mempersulit dalam standarisasi system.
Pada dasarnya setiap unit dalam organisai jarang mempunyai kesamaan, baik dalam fungsi, peran, pekerjaan dll. Ini berarti tidak mungkin mengembangkan system yang seragam.

Kelemahan dalam system pengolahan data desentralisasi adalah
a.      Pengolhan data menggunakan banyak orang, sehingga jika satu unit kerja lamban maka informasi akan berhasil dengan pelan.
b.      Adanya menimbulkan kemalasan atau kurang tanggung jawab pada pihak atasan yang selalu melempar tugas kebawahan.
c.        Jika atasan memberi tugas kebawahan yang kurang mengerti daan paham tentang tanggung jawabnya maka tugas-tugas yang diberi kebawahan yang punya bagian tadi tidak dapat diperoleh hasil yang memuaskan.

b.      Terdistribusi
Dalam system pengolahan data distribusi data-data disebarkan kebagian-bagian, kemudian bagian itu dikumpulkan dalam satu perkumpulan secara logiks dan di awasi oleh bagian yang mempunyai peringkat lebih tinggi sehingga membentuk satu kesatuan.
Keuntungan bentuk pengolahan data distribusi adalah
1.        Dapat menimbulkan biaya-biaya.
System ini akan mampu memberikan penghematan daya-daya baik dalam bidang personil. Hal ini tentu mengakibatkan semakin banyaknya dipakai system distribusi ini.
2.      Mempersingkat waktu respon untuk memperoleh data-data. Data yang yang dioah dalam system distribusi adalah data yang di terima dari masing-masing unit. Ini berarti memperoleh data-data lebih cepat.
3.        Pengontrolan pada data lebih krits dan cermat.
Pada masing-masing unit bertanggung jawab terhadap data-data dan kelangsungan pengolahan data dan keberhasilannya, dengan di awasi oleh orang yang mempunyai tingkatan yang leebih tinggi dari dari pada orang yang mengolah data sehingga kecermatan dalam data-data yang kritis itu lebih tinggi.
4.       Kemampuan back up data yang lebih efektif.
Dalam system ini back up data akan lebih efektif. Karena masing unit akan bertanggung jawab terhadap pekerjaan dan kepentingan unit itu sendiri.

Kelemahan bentuk pengolahan data diteribusi
·         Dalam system ini pemamfaatan orang lebih banyak dan ada keterpaksaan orang dalam mempokuskan tenaganya dalam mentyelesaikan pekerjaan dengan cepat.
·         Jika terjadi keterlambatan dalam menyiapkan data oleh satu unit saja maka informasi data bisa dikatakan gagal dalam kecepatannya.
·          Jika dalam pengawasan antara atasan dengan bawahan tidak sepaham maka akan kemungkinan muncul komplik dalam perkumpulan yang menyatu tadi.

1.      Peralatan biometric meningkatkan popularitasnya jika Dapat biometrik berfungsi baik hanya bila sistem dapat memeriksa dua hal yaitu pertama, bahwa biometrik itu datang dari orang yang tepat, dan kedua, bahwa biometrik itu klop dengan data base biometrik yang terdapat dalam sistem. Biometrik sangat bagus sebagai pengganti PIN (personal identity number) atau pengganti tanda tangan. Tetapi perlu tetap diingat bahwa biometrik tidak dapat dirahasiakan.
keuntungan sistem ini adalah kita tdak perlu menghapal password dan membawa id card.
Kelemahan sistem ini jika user mengalami cedra fisik seperti jika tangannya tergores dan suaranya serak maka ia tidak dapat menggunakan atau masuk kedalam sistem pengamannya karena ketidak cocokan identisas fisik tersebut.
Perbedaan dengan system keamanan tradisional seperti password / pintu dikunci jelas berbeda. Kalau kita pakai paswwordkan harus mengingat-ingat terlebih dahulu kalau lupa bearkibat fatal dan bisa saka membuat password baru lagi. Kalau keamanan pitnu dikunci sudah gampang dijebol oleh orang bahkan orang biasapun bisa melakukannya tidak harus tenaga terampil.

0 komentar:

Posting Komentar

please your comment n thanks ^.^

Template by:

Free Blog Templates