1.
Jelaskan
apa yang dimaksud Java Desktop dan Java mobile?
2.
Apa
yang dimaksud dengan class dan object dan berikan contoh dalam bentuk program sederhana?
3.
Dalam
perintah java memiliki 2 decision – making statement yaitu if-else dan switch, jelaskan
fungsi dari kedua statement tersebut dan
berikan contoh program sederhananya.
4.
Analisa
program dibawah ini dan berikan penjelasan arti pada setiap tanda “?” kemudian
tulis hasi output programnya
5.
Berikan
penjelasan kesimpulan tentang objek materi presentasi kelompok anda
Jawab :
1.
Java Desktop adalah Java Platform, Standard Edition (Juga disebut Java 2
Platform) memungkinkan Anda mengembangkan dan menyebarkan aplikasi Java pada
desktop dan server, serta hari ini menuntut Embedded dan lingkungan Real-Time.
Java SE meliputi kelas yang mendukung pengembangan Java Web Services dan
memberikan dasar untuk Java Platform, Enterprise Edition (Java EE).
Java Mobile
adalah J2ME (Micro Edition: MIDlet, dipakai dalam mobile phone, PDA, smart
phone dan sebagainya).Java juga dipakai dalam aplikasi server dengan J2EE
(Enterprise Edition: JSP,servlet).
2.
Class adalah blueprint atau prototype yang
mendefinisikan variable dan method – method pada seluruh object tertentu.
Object adalah sekumpulan software yang terdiri dari variable dan method –
method terkait.
Bentuk program sederhananya
adalah silahkan ketik buat file baru ( Ctrl + N ) dengan nama Rumah.javakode berikut :
public class Rumah {
public static void Meja() {
System.out.println("Ada
Meja");
}
void JamDinding(){
System.out.println("Ada Jam
dinding");
}
}
setelah
itu di compile, jika tidak ada pesan eror lanjut ke tahap berikutnya. Buat lagi
1 file baru, class namenya IsiRumah.java :
public class IsiRumah {
public static void main (String
[]args){
Rumah.Meja();
Rumah Panggil = new Rumah();
Panggil.JamDinding();
}
}
Output: Ada Meja
Ada Jam dinding
3.
if-else
Bentuk umumnya sebagai berikut:
if (boolean-expression) statement1; [else
statement2;]
Klausa else boleh
ditulis boleh tidak. Setiap statement dapat berupa kumpulan pernyataan yang
dibatasi dengan kurung‐kurawal.Biasanya, untuk amannya, kurung‐kurawal ini
tetap digunakan, walaupun hanya ada satu statement.
Fungsi statement switch sebenarnya memberi pilihan, Switch
mengkonstruksikan cabang untuk beberapa kondisi dari nilai.
Contoh program sederhana :
class
PraktekLab21 {
public static void main(String args[])
{
int nilai,nilaitugas;
nilai = 90;
nilaitugas=80;
System.out.println("Nama:Amelia
Setiawaty");
System.out.println("Jurusan :
Sistem Informasi");
System.out.println("Nilai:"+nilai);
if (nilai > 90) {
System.out.println("Ket : Amat
baik");
}
else if(nilai > 75) {
System.out.println("ket :
Baik");
}
else if (nilai > 60) {
System.out.println("ket :
cukup");
}
else
{
if(nilaitugas > 80){
nilai =75;
System.out.println("ket:
Cukup");
}
else {
System.out.println("ket :
kurang");
}
}
Output
:
Nama
: Amelia Setiawaty
Jurusan
: Sistem Informasi
Nilai
: 90
Ket
: Baik
Switch-
case
class
Praktek2
{
public static void main(String args[])
{
int nilai;
nilai=6;
System.out.println("Nama :
Amelia");
System.out.println("Nilai:"+nilai);
switch(nilai) {
case 10:
case 9:
System.out.println("istimewa");
break;
case 8:
case 7:
System.out.println("ket:bagoes");
break;
case 6:
System.out.println("Ket:cukup");
break;
default:
System.out.println("ket:kurang");
}
}
}
Outputnya
:
Nama :
Amelia
Nilai:6
Ket:cukup
4.
class
ArrayCopyDemo { //menerangkan nama kelas yaitu ArrayCopyDemo
public
static void main(String[] args)// Perintah ini merupakan pernyataan pembuka
sebuah metode.
{
char[] copyFrom ={'d','e','i','n','t','e','r','m','i','l','a','n','o'};
// sebuah Array bertipe Char
yg bernama copyFrom
char[] copyTo = new char[7];// sebuah Array bertipe Char
yg bernama copyFrom membuat
sebuah wadah array yg bertipe char yg char itu 7 index
System.arraycopy(copyFrom, 2,copyTo,0,5);// mengcopy kan berasal dari
arrayCopyDemo, dimulai dari index kedua(2), dan ditempatkan di wadah copyTo
dari index 0 sampai index 5.
System.out.println(new String(copyTo)); //
menampilkan wadah array yg bernama copyTo
}
}
Hasil
outputnya : inter
5.
Kesimpulan dari presentasi materi kelompok saya
adalah :
Sebelum kita membuat program dijava terlebih dahulu kita harus
mengetahui kelas, objek dan method yang dipakai dalam pogram tersebut dan kita
dapat memberikan keterangan apa itu objek,kelas dan bagaimana cara
pembuatannya. Object merupakan sekumpulan software yang terdiri dari variable dan
method-method terkait, sedangkan Class adalah blueprint, atau prototype,
yang mendefinisikan variable dan method-method pada seluruh object tertentu.Message
adalah aktivitas Object yang saling berinteraksi dengan saling memanggil metode
dari satu object ke object lainnya .
0 komentar:
Posting Komentar
please your comment n thanks ^.^