Selasa, 29 Januari 2013

PEMROGRAMAN BERORIENTASI OBJEK


1.      Jelaskan apa yang dimaksud Java Desktop dan Java mobile?
2.      Apa yang dimaksud dengan class dan object dan berikan contoh  dalam bentuk program sederhana?
3.      Dalam perintah java memiliki 2 decision – making statement yaitu if-else dan switch, jelaskan fungsi dari kedua statement tersebut  dan berikan contoh program sederhananya.
4.      Analisa program dibawah ini dan berikan penjelasan arti pada setiap tanda “?” kemudian tulis hasi output programnya
5.      Berikan penjelasan kesimpulan tentang objek materi presentasi kelompok anda

Jawab :
1.      Java Desktop adalah Java Platform, Standard Edition (Juga disebut Java 2 Platform) memungkinkan Anda mengembangkan dan menyebarkan aplikasi Java pada desktop dan server, serta hari ini menuntut Embedded dan lingkungan Real-Time. Java SE meliputi kelas yang mendukung pengembangan Java Web Services dan memberikan dasar untuk Java Platform, Enterprise Edition (Java EE).
Java Mobile adalah J2ME (Micro Edition: MIDlet, dipakai dalam mobile phone, PDA, smart phone dan sebagainya).Java juga dipakai dalam aplikasi server dengan J2EE (Enterprise Edition: JSP,servlet).
2.      Class adalah blueprint atau prototype yang mendefinisikan variable dan method – method pada seluruh object tertentu. Object adalah sekumpulan software yang terdiri dari variable dan method – method terkait.
Bentuk program sederhananya adalah silahkan ketik buat file baru ( Ctrl + N ) dengan nama Rumah.javakode berikut :
public class Rumah {
 public static void Meja() {
        System.out.println("Ada Meja");
    }
    void JamDinding(){
        System.out.println("Ada Jam dinding");
       
    }
}
setelah itu di compile, jika tidak ada pesan eror lanjut ke tahap berikutnya. Buat lagi 1 file baru, class namenya IsiRumah.java :
public class IsiRumah {
public static void main (String []args){
    Rumah.Meja();
    Rumah Panggil = new Rumah();
    Panggil.JamDinding();
}   
}

Output: Ada Meja
             Ada Jam dinding
3.      if-else
Bentuk umumnya sebagai berikut:
if (boolean-expression) statement1; [else statement2;]
Klausa else boleh ditulis boleh tidak. Setiap statement dapat berupa kumpulan pernyataan yang dibatasi dengan kurung‐kurawal.Biasanya, untuk amannya, kurung‐kurawal ini tetap digunakan, walaupun hanya ada satu statement.
Fungsi statement switch sebenarnya memberi pilihan, Switch mengkonstruksikan cabang untuk beberapa kondisi dari nilai.
Contoh program sederhana :
class PraktekLab21 {
    public static void main(String args[])
    {
        int nilai,nilaitugas;
        nilai = 90;
        nilaitugas=80;
        
        System.out.println("Nama:Amelia Setiawaty");
        System.out.println("Jurusan : Sistem Informasi");
        System.out.println("Nilai:"+nilai);
        if (nilai > 90) {
            System.out.println("Ket : Amat baik");
        }
       else if(nilai > 75) {
            System.out.println("ket : Baik");
        }
        else if (nilai > 60) {
            System.out.println("ket : cukup");
        }
        else
        {
            if(nilaitugas > 80){
                nilai =75;
                System.out.println("ket: Cukup");
               
   }
            else {
                System.out.println("ket : kurang");
            }
        }
Output :
Nama : Amelia Setiawaty
Jurusan : Sistem Informasi
Nilai : 90
Ket : Baik
Switch- case
class Praktek2
{
    public static void main(String args[])
    {
        int nilai;
        nilai=6;
        System.out.println("Nama : Amelia");
        System.out.println("Nilai:"+nilai);
        switch(nilai) {
            case 10:
            case 9:
                System.out.println("istimewa");
                break;
            case 8:
            case 7:
                System.out.println("ket:bagoes");
                break;
            case 6:
                System.out.println("Ket:cukup");
                break;
            default:
                System.out.println("ket:kurang");
        }
        }
    }
Outputnya :
 Nama : Amelia
Nilai:6
Ket:cukup   
4.      class ArrayCopyDemo { //menerangkan nama kelas yaitu ArrayCopyDemo
public static void main(String[] args)// Perintah ini merupakan pernyataan pembuka sebuah metode.
    {
        char[] copyFrom ={'d','e','i','n','t','e','r','m','i','l','a','n','o'}; //  sebuah Array bertipe Char yg bernama copyFrom       
char[] copyTo = new char[7];// sebuah Array bertipe Char yg bernama copyFrom  membuat sebuah wadah array yg bertipe char yg char itu 7 index
        System.arraycopy(copyFrom, 2,copyTo,0,5);// mengcopy kan berasal dari arrayCopyDemo, dimulai dari index kedua(2), dan ditempatkan di wadah copyTo dari index 0 sampai index 5.
        System.out.println(new String(copyTo));  // menampilkan wadah array yg bernama copyTo
       
    }
   }
Hasil outputnya : inter
5.      Kesimpulan dari presentasi materi kelompok saya adalah  :
Sebelum kita membuat program dijava terlebih dahulu kita harus mengetahui kelas, objek dan method yang dipakai dalam pogram tersebut dan kita dapat memberikan keterangan apa itu objek,kelas dan bagaimana cara pembuatannya. Object merupakan sekumpulan software yang terdiri dari variable dan method-method terkait, sedangkan Class adalah blueprint, atau prototype, yang mendefinisikan variable dan method-method pada seluruh object tertentu.Message adalah aktivitas Object yang saling berinteraksi dengan saling memanggil metode dari satu object ke object lainnya .

0 komentar:

Posting Komentar

please your comment n thanks ^.^

Template by:

Free Blog Templates