Selasa, 05 Juni 2012

Kelompok Dalam Organisasi


a.       Definisi Organisasi

Pelibatan kelompok dalam suatu organisasi dapat dilakukan dengan mekanisme pembagian atas individu-individu agar membentuk suatu kumpulan yang mempunyai pola dan system kerja. Suatu kelompok pada dasarnya adalah sekumpulan yang berada dalam suatu organisasi dimana para anggotanya saling mempunyai ketergantungan satu sama lain dalam melaksanakan suatu kinerja secara berstruktur.
Organisasi lebih mengutamakan atas pencapaian tujuan dasar yang lebih mengedepankan kepada hasil yang ingin dicapai. Suatu kinerja kelompok akan lebih efisien ketika diletakkan diruang lingkup organisasi karena suatu tujuan akan lebih cepat tercapai jika dalam pengelolaannya dikerjakan secara berstruktur atau berkelompok.
tgl 22 april pukul 10.29 P.M

b.      Jenis – jenis kelompok
  • Kelompok formal adalah sub unit sah dari organisasi yang telah ditetapkan oleh anggaran dasar atau suatu ketetapan management. Jadi kelompok ini sengaja dibentuk untuk memenuhi tugas yang nyata guna mendukung tugas organisasi.
  • Kelompok non-formal adalah kelompok yang muncul sebagai upaya pemenuhan kebutuhan individu dengan mengembangkan tata hubungan dengan anggota lain dalam organisasi.  Kelompok informal hanya dapat terbentuk apabila lokasi fisik anggota-anggotanya, sifat pekerjaan, dan jadwal kerja memungkinkan untuk terbentuknya kelompok. Oleh karena itu kelompok informal muncul dari kombinasi antara faktor-faktor formal dan kebutuhan manusia sebagai anggotanya.
Sumber :
pukul 09:39 PM tanggal 5 Juni 2012

c.       Pengalaman dalam berorganisasi
Sewaktu saya SMA ,saya senang sekali berorganisasi  waktu itu saya mengikuti OSIS (organisasi siswa intra sekolah) sungguh menyenangkan. Banyak ilmu yang saya dapat dalam berorganisasi selain saya tahu bagaimana saya harus bertanggung jawab , bagaimana saya harus menghargai orang lain ketika orang lain mengeluarkan pendapat dan cara bermusyawarah yang baik. Banyak kendala dalam mengurus organisasi. Sangat sulit untuk menyatukan satu ide yang diwakili oleh banyak anggota dan pengurus. Maka itu perlu dilakukan musyawarah untuk mendapatkan keputusan yang terbaik. Disamping itu, percekcokan pendapat juga sering terjadi disetiap permusyawarahan. Untuk menyelesaikannya biasanya kami mencatat pendapat para anggota dan pengurus lalu kami rembukan kembali untuk mendapatkan solusi yang terbaik.






0 komentar:

Posting Komentar

please your comment n thanks ^.^

Template by:

Free Blog Templates