Selasa, 05 Oktober 2010

"komputer sebagai media belajar"

Pendahuluan

Komputer adalah Suatu alat teknologi yang berfungsi sebagai pengolahan data,penghitungan data dan penyimpanan data yang terdiri dari software(perangkat lunak),hardware(perangkat keras) dan brainware.Komputer juga merupkan alat Bantu untuk mempermudah dan mempercepat pekerjaan manusia.Semakin tahun komputer juga mempunyai perkembangan yang sangat pesat.Hal ini ditandai dengan adanya internet.karena hal ini juga manusia jadi semakin ingin mengetahui dan mempelajari tentang komputer

POKOK PEMBAHASAN
Komputer sebagai media belajar

Pada awalnya komputer hanya dimanfaatkan sebagai alat penunjang administrasi dengan memanfaatkan software Microsoft word,excel,dan acces. Dengan masuknya materi Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam kurikulum baru, maka peranan komputer sebagai salah satu komponen utama dalam TIK mempunyai posisi yang sangat penting sebagai salah satu media pembelajaran. Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) mencakup dua aspek, yaitu Teknologi Informasi dan Teknologi Komunikasi. Teknologi Informasi, meliputi segala hal yang berkaitan dengan proses, penggunaan sebagai alat bantu, manipulasi, dan pengelolaan informasi. Teknologi Komunikasi merupakan segala hal yang berkaitan dengan penggunaan alat bantu untuk memproses dan mentransfer data dari perangkat yang satu ke lainnya. Karena itu, Teknologi Informasi dan Teknologi Komunikasi adalah suatu padanan yang tidak terpisahkan yang mengandung pengertian luas tentang segala kegiatan yang terkait dengan pemrosesan, manipulasi, pengelolaan, dan transfer/pemindahan informasi antar media.

Akhir-akhir ini juga komputer menjadi primadona didalam kegiatan pembelajaran,hal ini ditandai dengan banyaknya sekolah-sekolah yang memfasilitasi siswa/i nya dengan komputer.
Pembelajaran yang dibantu dengan komputer di kenal dengan nama “CAI” Computer Assisted Instruction.Prinsip pembelajaran ini menggunakan komputer sebagai alat bantu penyampaian pembelajaran kepada pengguna secara interaktif agar mudah di mengerti oleh si pengguna tersebut.CAI juga melatih dan mengetes kemajuan belajar siswa.Pengembangan dan pendesain CAI juga bermacam-macam,diantaranya: bisa berbentuk permainan(game),visual,dan audio yang berbentuk animasi.
Penggunaan Komputer dalam Kegiatan Pembelajaran
Untuk tujuan kognitif

Komputer dapat mengajarkan konsep-konsep aturan,prinsip,langkah,proses yang kompleks. Komputer juga dapat menjelaskan konsep tersebut dengan sederhana dengan penggabungan visual dan audio yang dianimasikan.

Untuk tujuan psikomotor

Dengan pembentukan belajar yang dikemas berbentuk games dan simulasi sangat bagus digunakan untuk menciptakan kondisi dunia kerja. Salah satu contohnya antara lain; simulasi pendaratan pesawat terbang.

Untuk tujuan afektif

Bila program didesain secara tepat dengan memberikan potongan klip suara atau video yang isinya mengunggah perasaan,pembelajaran sikap/afektif pun dapat dilakukan dengan menggunakan media komputer.


Pemanfaatan komputer dalam media belajar diantaranya:
 Komputer bisa mengajarkan kepada siswa secara individual sesuai dengan kemampuan siswa dalam belajar.
 Komputer bisa digunakan kapan saja (tidak terbatas waktu) dan dimana saja(tidak terbatas ruang)
 Bisa menghilangkan rasa malu dan takut. Contoh sederhananya saja. Kalau kita mempelajari komputer kita gak akan takut lagi jika suatu saat kita diminta untuk menggunakan komputer.
 Komputer juga bisa memotivasi seseorang untuk terampil berkomunikasi dan bekerja sama sebagi dasar untuk belajar sepanjang hayat.
 Mengembangkan sikap percaya diri,kreatif dan inovatif dalam pemecahan masalah sehari-hari.
 Bisa digunakan juga untuk presentasi tugas-tugas
 Untuk alat bantu komunikasi agar lebih terkonsep dan lebih mudah.
 Mengembangkan kompetensi seseorang dalam menggunakan Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk mendukung kegiatan belajar, bekerja, dan berbagai aktifitas dalam kehidupan.
 Dengan mempelajari komputer juga seseorang bisa terampil dalam mengetik dan juga menjawab soal-soal atau tugas-tugas hitung menghitung.
 Komputer juga menyediakan fasilitas yang menunjang sehingga membantu seseorang berfikir secara optimal.









KESIMPULAN

Komputer ternyata tidak hanya digunakan sebagai media pengolahan data saja tetapi juga sebagai media belajar bagi orang yang mau mempelajarinya. Bahkan siswa/I sekolah juga banyak yang mempelajarinya untuk saling bertukar informasi dengan mempergunakan jaringan internet,ada juga yang menggunakannya untuk media berkomunikasi agar lebih kreatif dan inovatif. Karena komputer dapat dipelajari kapan pun dan dimanapun.

0 komentar:

Posting Komentar

please your comment n thanks ^.^

Template by:

Free Blog Templates